1. Miliki Rencana
Rencana merupakan gambaran apa yang ingin kita lakukan. Membuat rencana membantu kita untuk mengelola waktu dan menetapkan apa saja yang ingin kita lakukan. Tidak hanya itu, rencana merupakan kreasi awal. Anda menentukan apa yang ingin dikerjakan sebelum melakukannya. Banyak karya besar lahir dari perencanaan matang yang dilakukan dengan kesungguhan.2. Fokus
Setelah memiliki rencana matang, tiba saatnya mengerjakan apa yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Agar dapat bekerja dengan produktif, kita perlu belajar untuk fokus. Ibarat sinar laser yang terkonsentrasi ke satu titik, maka fokus akan membuat apa-apa yang kita kerjakan dapat selesai dalam waktu yang sesingkat mungkin dengan kualitas sebaik mungkin. Tidak mudah untuk fokus karena banyak gangguan yang mengalihkan perhatian. Namun jika Anda berhasil melatih kemampuan untuk selalu fokus ketika mengerjakan tugas-tugas penting, Anda akan menjadi pribadi yang lebih produktif.3. Ganti Suasana
Rutinitas pekerjaan yang sama dari waktu ke waktu kadang membuat jenuh dan bosan. Ketika ini terjadi, maka produktivitas akan menurun karena kita kehilangan semangat dan gairah untuk melakukan sesuatu. Untuk itu Anda perlu mengganti suasana. Mencari tempat baru, cara baru, atau pendekatan yang baru sehingga pikiran lebih segar dan ide-ide bermunculan. Jika Anda sering merasa mandeg, cobalah ganti dengan suasana baru.4. Jangan Menunda
Sikap suka menunda menjadi penghalang besar bagi kesuksesan Anda. Kita menunda apa yang sebenarnya bisa dikerjakan hari ini. Akibatnya, pekerjaan bertumpuk dan terasa berat. Tidak hanya itu, sikap menunda tak jarang membuat kita kehilangan kesempatan. Setiap hari punya tugasnya masing-masing. Karena itu kerjakanlah dan jangan suka menunda.5. Terampil Dalam Membaca
Apapun profesi Anda, pasti berurusan dengan membaca. Jika Anda seorang pelajar, Anda harus membaca buku dan materi pelajaran. Jika Anda seorang manajer perusahaan, Anda harus membaca laporan, tren terbaru seputar bisnis, dan menganalisanya untuk mengambil keputusan. Dan jika Anda orang yang gemar melatih keterampilan baru, Anda pun harus banyak membaca dan belajar. Salah satu rahasia menjadi pribadi produktif adalah dengan membaca lebih cepat. Bayangkan jika Anda bisa membaca dua kali lebih cepat dari rata-rata orang, maka Anda bisa menyelesaikan berbagai tugas yang berhubungan dengan membaca hanya dalam waktu setengahnya saja. Anda akan menjadi pribadi yang jauh lebih produktif.Itulah lima hal sederhana yang bisa menjadikan Anda pribadi produktif dari waktu ke waktu. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan jadilah pribadi yang lebih unggul.
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah berpartisipasi (^^,)